Javanese Indonesian

Seperti dalam Bahasa Inggris yang ada versi American dan British dan Australian dkk, Bahasa Indonesia pun memiliki berbagai macam dialek, dan saya sehari-hari terbiasa mengucapkan Bahasa Indonesia dialek Jawa, misalnya “anget” alih-alih “hangat”, “bayem” alih-alih “bayam”, dll. Lebih spesifik lagi, dialeknya adalah Jawa Yogyakarta, misalnya “mBantul” alih-alih “Bantul” (salah satu kabupaten di DI Yogyakarta).

Dan sekarang saya cukup kesulitan untuk berbicara dalam bahasa Indonesia “standar” ke ibu kos saya yang Singaporean Malay. Walaupun medok Melayu, beliau bisa Bahasa Indonesia, mengingat – entah ada hubungan kausal atau tidak – orang tuanya berasal dari Jawa. Namun demikian tentu saja saya harus berbicara dalam Bahasa Indonesia standar. Susah dan terasa aneh sekali untuk bilang “hangat” kalau kita sudah terbiasa bilang “anget”. Berbeda dengan saya, teman kos yang orangย Jawa murtad Sunda sepertinya bisa dengan nyamannya menggunakan kata-kata baku, walaupun nadanya tetap ala Bahasa Sunda.

Dan ini tentu saja tidak cuma terjadi ketika berbicara dengan ibu kos saja, tetapi juga dengan orang-orang Melayu lain di sini. Barusan saya berbincang-bincang dengan seorang janitor di sini dan cukup tergagap-gagap untuk menggunakan Bahasa Indonesia standar.

Pabu sacilat…

13 Responses to “Javanese Indonesian”


  1. 1 Frea 11/09/2009 at 4:41 AM

    Kalo saya paling susah justru karena udah nyampur sama bahasa jakarta dan betawi. Kadang2 reflek sih, seperti “iya, ini enak bet dah”:mrgreen:

  2. 2 Arm 11/09/2009 at 5:26 AM

    belajar dulu ama ibu ini deh:mrgreen:

    Pabu sacilatโ€ฆ

    ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†
    betathot๐Ÿ˜Ž
    ใชใคใ‹ใ—ใ ใญใ€‚ใ€‚ใใฎใ“ใจใฐ๐Ÿ˜†

  3. 3 Arm 11/09/2009 at 5:29 AM

    ^ maksud komen saya kalo mau “bicara dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar” gitu:mrgreen:

  4. 4 Kurotsuchi 11/09/2009 at 7:06 AM

    oh, ya… jiancuk bener perkara bahasa ini…
    saya pernah diketawain ketika berbicara bahasa indonesia… katanya bahasa indonesia saya ganjil, ndak pantes saya bicara pake bahasa nasional ini…

    dan ketika saya ngomong pake bahasa inggris, temen saya diam tanpa kata… ntah ngerti atau enggak dia… soalnya bahasa inggris saya terbata-bata, dialeknya pun dialek jawa *maklum, asli produk Nyayogyakarta Hadiningrat*

    dan ketika saya berkomunikasi sama seorang ‘pejabat’ di salah satu ‘isntansi’ asli jepang, dia merenspon kalimat saya dengan bilang; “ok, ok, i understand…”

    sacilat!!!๐Ÿ˜†

  5. 5 Lumiere 11/09/2009 at 3:41 PM

    Barusan saya berbincang-bincang dengan seorang janitor di sini dan cukup tergagap-gagap untuk menggunakan Bahasa Indonesia standar.

    ๐Ÿ˜ฏ bener-bener, keterlaluan..

  6. 6 lambrtz 12/09/2009 at 1:23 AM

    @Frea
    Jawa murtad!๐Ÿ˜ˆ๐Ÿ˜†

    @Arm
    Kalo kasus saya malah sebaliknya๐Ÿ˜†

    @Kurotsuchi
    Lha ini produk keluaran pabrik yang sama.๐Ÿ˜€
    Ngomong-ngomong tentang Bahasa Inggris, dulu awal-awal di sini logat saya dibilang Javanese English. Sekarang kecampuran Singlish. Wis tambah mawut.๐Ÿ˜†

    @Lumiere
    Ya gimana lagi.๐Ÿ˜ฆ

  7. 7 Ando-kun 12/09/2009 at 1:55 AM

    ibarat teman ngomong jepang dgn dialek sunda….

    “watashi mah zenzen wakaranai euyyyy…….”

  8. 9 Snowie 12/09/2009 at 1:58 PM

    *baca komen Ando-kun*

    *ikutan ngakak*

    *baca komen Arm yang pertama*

    Untung saya ada feeling niat nge-“klik” judul post ini.

    Dari sini toh datangnya.:mrgreen:

    BTW, saya mah, bahasa Indonesianya juga nyampur kok.๐Ÿ˜›

    … dan tahu lah saya maksud kata “terbukti” itu.๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    Ah, Arm, bikin malu saya aja.๐Ÿ˜›

  9. 10 lambrtz 14/09/2009 at 12:08 PM

    ^
    Ya begitulah, dikasih tahu beliau๐Ÿ˜›

  10. 11 Generasi Patah Hati 15/09/2009 at 5:11 PM

    Wah saya 2 bulan di Jogja, dan logat ngapak saya mulai luntur gara2 lingkungan ngomongnya pake jawa medok, haha.

  11. 12 jensen99 15/09/2009 at 5:18 PM

    Oho, saya lancar bahasa Indonesia standar๐Ÿ˜Ž

    *efek tinggal di melting pot*

  12. 13 lambrtz 16/09/2009 at 1:09 AM

    @Generasi Patah Hati
    Ah masih mending. Temen saya orang Kamboja jadi bisa Bahasa Jawa.๐Ÿ˜Ž

    @jensen99
    *iri*


Leave a Reply

lambrtz looks like this

Me

You can write comments in any language that you want, but please bear in mind that I only understand 4 languages: English, Indonesian, Javanese and Malay.

Archives

Categories

September 2009
S M T W T F S
« Aug   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
Click to view my Personality Profile page