PayPal and eBay

Jadi ini hari pertama saya berurusan dengan PayPal dan eBay. Saya tadinya ingin beli barang yang tidak tersedia di toko-toko di pulau yang saya tinggali ini, jadi saya berpikit untuk membeli via internet. Karena situs resmi perusahaan manufakturnya hanya melayani shipping ke US, saya mencari info di internet dan menemukan bahwa barang itu bisa dibeli di eBay. Teman saya yang lulusan Ekonomi Universitas Groningen ini bilang kalau transaksi di eBay lebih aman kalau membayar lewat Paypal. Dari awal saya sudah cemas dan was-was. Saya selalu khawatir setiap kali bertransaksi lewat internet, seperti waktu membeli tiket konser NIN maupun beli tiket pesawat buat pulang kampung. Bayangkan: saya tidak bertatap muka dengan pemberi jasa! Dan barang bukti cuma beberapa kata yang tertulis di layar komputer. Bagaimana kalau transaksi gagal? Bagaimana kalau ini scam? Saya tidak yakin dengan teknologi! Dan kecemasan menjadi-jadi ketika saya lupa membaca langkah-langkah transfer secara detil dan lupa memasukkan nomer rekening bank sebelum mentransfer uang ke Paypal! Panik, saya buru-buru memasukkan nomor rekening ke Paypal, dan timbul masalah lain: saya ditanyai kode institusi dan cabang bank saya! Saya cari di halaman internet banking di situs bank saya, tidak ada! Googling ke sana kemari, akhirnya sampai di sebuah forum yang memasang link menuju suatu file di sebuah bank yang memuat daftar nomor tersebut, dan ini saya masukkan ke halaman account saya di Paypal. Kepanikan berkurang. Tapi ya itu, saya masih ga ngerti hasilnya.

Yah, harap maklum deh, dari desa. Boro-boro internet banking, orang tua saya ga ada yang punya kartu debit maupun kredit. Pengalaman pertama. Sepertinya saya akan menunda beli barang ini sampai duit yang saya transfer itu sampai ke Paypal, atau di-reject dan kembali ke account saya (walaupun mungkin dengan potongan “beaya kegagalan transfer”…yah anggap saja ongkos belajar…sangat murah untuk pelajaran berharga). Kalau sukses, 2-3 hari kerja, tapi kalau gagal, bisa sampai 4 minggu. Saya pingin tahu cara kerja Paypal dulu.

This is why I hate Economics. It is very very very complicated. Quantum Physics is much easier to understand than Economics. Anyway, thanks to my friend yang selalu mengetes dengan melakukan transfer dengan jumlah kecil terlebih dahulu itu, dan menemani saya dalam masa kepanikan.

UPDATE: DUITE MLEBU!!!! ORA SIDO BERKABUNG!!!

8 Responses to “PayPal and eBay”


  1. 1 bima 29/11/2009 at 1:02 AM

    semoga apa yang terjadi malam ini bermanfaat bagi kita, umat manusia semua🙂

  2. 3 frozen 29/11/2009 at 9:21 AM

    Semoga diberi kelancaran dan tak ada satu pun hambatan😀

    *masih pingin DAS Keyboard*

  3. 4 gunawanrudy 29/11/2009 at 2:35 PM

    Semoga diterima di sisi-Nya.🙂

  4. 5 Zephyr 29/11/2009 at 8:44 PM

    kalau pengalaman pertama, saya malah khawatir barangnya ga dikirim,😀 trus tabungan saya bakal berkurang banyak ( tidak sesuai dengan harga yang disepakati)… 🙂

    semoga pengalaman pertama Nicholas, bakal berjalan lancar..
    … dan tidak kecanduan untuk transaksi via ebay dan paypal😛

  5. 6 lambrtz 01/12/2009 at 1:03 AM

    @frozen, gunawanrudy
    Amin.

    @Zephyr
    Saya batal beli.:mrgreen:
    Dan ya, makasih peringatannya.🙂

  6. 7 bima 04/12/2009 at 2:33 PM

    ga asik nihhh…
    kan kami gembira klo kamu jadi kehilangan 500 SGD :-“

  7. 8 lambrtz 06/12/2009 at 1:56 AM

    Makasih bim :-*


Leave a Reply

lambrtz looks like this

Me

You can write comments in any language that you want, but please bear in mind that I only understand 4 languages: English, Indonesian, Javanese and Malay.

Archives

Categories

November 2009
S M T W T F S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Click to view my Personality Profile page