Islamic Songs

Adalah beberapa lagu religius menurut tradisi tetangga sebelah yang cukup membuat saya terkesan.

***

Kiai Kanjeng – Lir Ilir. Adalah lagu yang konon kabarnya diciptakan Sunan Kalijaga dalam usahanya menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Nuansanya mistis, barangkali setara dengan Genjer-genjernya Lilis Suryani. Ketertarikan kepada Cak Nun dan Kiai Kanjeng secara khusus muncul ketika beliau “konser” di Gereja Pugeran, Jalan Bantul, Yogyakarta, pertengahan 2007. Event ini diulas oleh Cak Nun dalam tulisannya yang berjudul “Ayat Kursi di Halaman Gereja” (artikel aslinya ga tahu ada di mana). Ya, ayat kursi di halaman parkir gereja. Mendekati akhir acara, ada gempa bumi dan para Muslim di sana membaca ayat kursi bersama-sama, dipimpin Cak Nun. Saya merinding.

***

Debu – Nyawa dan Cinta. Adalah lagu yang bercorak Arabia. Debu sendiri menolak mengatakan musiknya adalah Islami, dan menyatakan bahwa karya mereka condong ke spiritualisme yang universal. Tapi ya gakpapa lah masuk sini. 😀

***

Gita Gutawa – Jalan Lurus. Adalah versi Indonesia dari lagu Tombo Ati. Saya sendiri lebih suka lirik Jawanya, tapi lagunya lebih suka yang versi Gita Gutawa ini.

***

Dewa – Satu. Adalah penampilan kedua lagu ini di blog saya. Satu dari sedikit lagu sekuler yang terinspirasi oleh sufisme.

***

Dan ada satu lagi, lagu yang selalu diperdengarkan dengan keras setiap kali menjelang sahur oleh masjid di dekat rumah dinas kami di Desa Sukorejo, Kabupaten Ponorogo dulu. Lagu yang terkadang membuat saya terbangun dan ketakutan entah kenapa. Imajinasi saya memang berlebihan waktu itu. Tapi sekarang saya hanya bisa mengingat samar-samar bagaimana nadanya. Tanpa lirik. Dan oleh karena itu saya tidak tahu apa judulnya.

***

Ini bu kos saya bingung ga ya kalo malam-malam ada kedengaran lagu bahasa Arab dari kamar saya? 😆

Selamat menjalankan ibadah puasa. Gloria in excelsis deo!

Advertisements

15 Responses to “Islamic Songs”


  1. 1 Asop 11/08/2010 at 5:23 AM

    Yak, puasa! ^__^

  2. 2 Zeph 11/08/2010 at 12:42 PM

    Debu is cool… 🙂

  3. 3 Ando-kun 11/08/2010 at 4:04 PM

    Lho koq Suci dalam debu tak masuk hitungan? wudhu termasuk praktek religius lho :mrgreen:
    Selamat ikut-ikutan berpuasa, semoga convert dikemudian hari 😈

  4. 4 lambrtz 11/08/2010 at 8:46 PM

    @Asop
    Selamat puasa Mas. 🙂

    @Zeph
    Debu is dusty lah. 😆

    @Ando-kun
    Lha emang itu lagu religius gitu? 😛
    Semua agama itu sama saja 😈

  5. 5 Ando-kun 11/08/2010 at 10:33 PM

    Lha? semua agama punya acara puasa-puasa-an yang berbeda caranya dan ideologinya koq. jadinya nggak sama lho :mrgreen:
    Itung2 sampeyan latihan puasa buat menghadapi hari Yom Kippur kalau tertarik convert nantinya 😈

  6. 6 lambrtz 11/08/2010 at 10:51 PM

    Mohon baca Doraemon nomor 1 kalau ga salah, tentang bagaimana Sewashi menjelaskan cara pergi dari Tokyo ke Osaka. 😀

  7. 8 lambrtz 11/08/2010 at 10:59 PM

    Nyontek? 😕

  8. 9 Ando-kun 11/08/2010 at 11:01 PM

    Doraemon? Sewashi? 😕

  9. 10 lambrtz 11/08/2010 at 11:04 PM

    Petuah itu kan ada di mana-mana. :mrgreen:

  10. 11 Ceritaeka 23/08/2010 at 10:49 AM

    Fakir bandwith 😦
    ndak iso dengerin lagu2nya…

    So.. gimana ibu kosmu? Bingung ndak?

  11. 12 Arm Kai 23/08/2010 at 2:21 PM

    @ ando:
    kamsudnya banyak jalan menuju Osaka Roma 😀

    btw, entah kenapa, lagu rada religi yang saya tertarik baru Tuhan yang dibawakan ama Gigi aja 😛

    *eh itu lagu religi bukan? 😕

  12. 13 indobrad 24/08/2010 at 1:42 AM

    hahaha menarik juga urutan tangga lagunya. saya sendiri gak puasa jadi kalo denger lagu2 macam itu, ini kuping otomatis shut down duluan. hehehe

    salam kenal 😀

  13. 14 lambrtz 24/08/2010 at 2:28 PM

    @Ceritaeka
    Beliau ga bilang apa-apa sih, cuek aja kali 😛

    @Arm Kai
    Itu sesodaraan sama Pintu Surga itu? 😕

    @indobrad
    Ah, puasa saya pun juga bukan pas bulan Ramadhan, tapi bulan Februari/Maret – April, tapi saya tetap mendengarkan lagu-lagu semacam ini. Toh ini cara untuk menyembah Tuhan juga, cuma dengan tradisi yang berbeda. 😉
    Salam kenal juga 🙂

  14. 15 akuinginjadimenteri 15/09/2010 at 10:32 AM

    yeah, but I a lot preffer Maher Zain. you should listen! =)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




lambrtz looks like this

Me

You can write comments in any language that you want, but please bear in mind that I only understand 4 languages: English, Indonesian, Javanese and Malay.

Archives

Categories

August 2010
S M T W T F S
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Click to view my Personality Profile page