Tentang Hantu dan Segala yang Tak Nampak

Singkat saja.

Jadi begini. Di seberang lautan, seorang teman masa kecil sedang heboh karena di salah satu foto upacara keagamaan di tempatnya, ada dua penampakan, yaitu sebuah sosok tanpa kepala dan seorang kakek (atau nenek) berwajah biru sangat pucat. Saya sudah melihat foto yang dimaksud. Yang kedua tidak jelas, jadi saya lewati. Sementara sosok yang pertama sudah saya deteksi. Namun demikiaaaaaan saya sendiri kok tidak merasa apa-apa, tidak seheboh mereka yang ada di sana. Ya, boleh dikata saya cukup skeptis dengan yang seperti ini. Senang-senang saja sih kalau dunia hantu memang ada, tapi untuk mengatakan bahwa sosok tersebut adalah “penampakan” kok rasanya adalah klaim yang luar biasa. Beneran iya atau bukan? Apalagi kalau dilihat dari seluruh albumnya, beberapa foto tidak diambil dengan jelas dan mengakibatkan orang-orang biasa tampak kabur, jadi saya agak meragukan kestabilan tangan si pengambil foto. Yaa kurang lebih seperti saya jugalah, motret suka blurry.

Pasti ada penjelasan ilmiah di sini. Dengan asumsi bahwa itu adalah foto asli, tidak mungkin sosok tersebut bisa masuk foto kalau tidak memantulkan cahaya kasat mata. Dan ini baru sisi fisika saja, belum psikologi. Saya tak familiar dengan ini, tapi klaim orang yang berada di dekat sosok itu, yang mengatakan bahwa tidak ada orang lain di dekat dia saat itu, apakah bisa dipertanggungjawabkan? Atau karena ada ribut-ribut penampakan itu, lalu dia tanpa sadar kehilangan memori dan serta merta membuat pendapat yang “mendukung” rumor itu?

Occam’s Razor?😛

Pesan saya satu saja sih…jangan mau dibohongi persepsi😆

11 Responses to “Tentang Hantu dan Segala yang Tak Nampak”


  1. 1 lambrtz 24/08/2010 at 10:29 AM

    We believe in one God, the Father Almighty, Maker of all things visible and invisible.

    Nicene Crede, 325 AD version

  2. 2 Arm Kai 26/08/2010 at 2:37 PM

    kirain ada hubungannya ama ini😛

    kok akhir2 ini di sekitar saya banyak yang ngomongin soal hantu dan foto hantu sih😕
    tadi pagi ditunjukkin foto ama temen, katanya ada hantunya dan semalem pas dia liat masih ada, tapi pas tadi pagi saya liat malah ga ada😛

  3. 3 sora9n 26/08/2010 at 10:49 PM

    Saya sudah melihat foto yang dimaksud. Yang kedua tidak jelas, jadi saya lewati. Sementara sosok yang pertama sudah saya deteksi. Namun demikiaaaaaan saya sendiri kok tidak merasa apa-apa, tidak seheboh mereka yang ada di sana.

    Nganu… mbok kalau bisa fotonya dilampirkan di post. Biar sidang pembaca bisa menilai, gitu.😛

    *bingung cuma baca deskripsi tertulis*

  4. 4 lambrtz 26/08/2010 at 11:08 PM

    @Arm Kai
    Apa gara-gara ghost month?😆
    Cek PM FB😀

    @sora9n
    Cek PM FB juga. Saya ga enak nglampirin foto di sini, ntar kalo kebaca temen saya, ndak enak sayanya😛

  5. 5 jensen99 28/08/2010 at 1:23 PM

    Saya kok gak kebagian PM FB?😐

  6. 6 lambrtz 28/08/2010 at 2:26 PM

    By request soale😀
    Cek PM

  7. 7 Snowie 29/08/2010 at 12:44 AM

    Huk, baru aja tadi siang di Sekolah, saya bereng teman cerita horor… lah malem ini malah baca yang beginian.. membayangkannya saja sudah bikin merinding. >.<
    *lemah iman mode ON*

    BTW, seeing is believing.
    Walau penasaran kenapa foto ybs gak terlampir di sini, tapi saya suka agak paranoid dengan gambar-gambar 'mengerikan' entah kenapa imajinasi saya agak sulit dikendalikan kalo berhubungan dengan media visual.😛
    I other word, I don't want to believe it, so I don't want to see it.
    *ditodong gambar*

  8. 8 AnDo 31/08/2010 at 10:17 PM

    Hantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhantuhan..
    Tuhan? halah…..
    *Mungkin ini juga butuh penjelasan ilmiah ala lambrtz*😀

  9. 9 Ceritaeka 11/09/2010 at 9:17 AM

    Hmmm terlepas bener ato enggak, tp klo emang beneran barti hantunya banci poto😀
    hahahaha

  10. 10 Rukia 12/09/2010 at 10:55 PM

    kok saya juga ga kebagian PM FB?
    *pentungin Lambrtz*
    *dibakar*

    Kalo masalah hantu-hantu saya cukup percaya hanya jika saya melihatnya langsung, ya seperti yang di depan kamar saya ini…
    Tapi selama kitanya nggak takut dan nggak gangguin “dia” sepertinya nggak ada masalah sama si hantu-hantuan itu, tapi nggak tau ya kalo hantunya anak-anak yang hobi ngajakin main😐

  11. 11 Professor Satchafunkilus 15/09/2010 at 7:35 AM

    kalo kata guru sufi entah siapa saya lupa namanya, orang seringkali melihat tetapi tidak melihat. “you see them looking at you; but they are blind and cannot see!”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




lambrtz looks like this

Me

You can write comments in any language that you want, but please bear in mind that I only understand 4 languages: English, Indonesian, Javanese and Malay.

Archives

Categories

August 2010
S M T W T F S
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Click to view my Personality Profile page