Film-film yang Kutonton pada Tahun 2016

Terlambat dirilis karena habis jalan-jalan, seperti tahun-tahun sebelumnya, inilah film-film yang kutonton pada tahun 2016. Lebih sedikit dari tahun kemarin, gara-gara kesibukan ngrevisi thesis, persiapan oral defence, dan nglamar kerja yang akhirnya sukses membawaku ke Barat™, tapi setidaknya gak banyak cheating lagi dengan nonton film-film pendek. 😛

  1. Marriage Story (1992). Ya tentang orang kawin.
  2. Our Times (2015). Gadis nerdy dan anak nakal aslinya naksir sama pemain basket dan cewek yang dekat sama si pemain basket, sebelum akhirnya mereka suka satu sama lain, dan kehidupan setelahnya.
  3. You Are the Apple of My Eye (2011). Segerombolan cowok SMA naksir sama cewek terpinter di kelas, dan kehidupan pasca lulus SMA.
  4. A Better Tomorrow II (1987). Mirip sama yang pertama, cuman beda karakter, Leslie main lebih banyak, dan Chow Yun Fat hidup lagi jadi karakter baru. Penasaran nonton gara-gara lagunya sih.
  5. Pain (1994). Pemuda pengangguran sado-masokis kecanduan menyakiti diri sendiri dan orang lain. Adegan penyiksaan.
  6. Mee Pok Man (1994). Seorang laki pendiam dan agak intellectually challenged™, sehari2 berjualan mee pok (fishball noodle, walaupun mee pok itu sendiri IMO jenis mienya sih) jatuh cinta sama seorang PSK, a little bit too much. Ending morbid.
  7. The Founding of a Republic (2009). Berdirinya PRC dari sisi CPC.
  8. How I Unleashed World War II (1970). Perjalanan epik komikal prajurit Polandia yang ketiduran dan nyasar-nyasar dari Polandia muter-muter sampai Nazi Austria, kapal Turki, Libanon, Italia, dst sampai balik lagi ke Polandia.
  9. Robotix (1985). Nostalgia masa kecil. Pertempuran robot-sadar di dunia post-apokaliptik.
  10. Star Trek: Beyond (2016). Kru Enterprise dijebak untuk mendarat di planet alien. OK, enjoyable, but not—you know—“world class”.
  11. Love Letter (1995). Seorang gadis terjebak pada kenangan almarhum tunangannya, dan berkorespondensi dengan teman SMP si almarhum. Baca juga review Ando [di sini].
  12. Ditto (2000). Berbincang-bincang dengan perempuan yang dulu naksir bapak, lewat radio rusak.
  13. Your Name (2016). Terlalu happy ending buat film Shinkai, tapi ya OKlah buat bikin beliau terkenal seantero jagad. Sisanya, silakan baca postingan Ando [di sini].
  14. Journey to the West: Conquering the Demons (2013). Adaptasi liberal daripada Kera Sakti. Tong Samcong konyol dan ada Hsu Chi jadi pemburu hantu nan sakti mandraguna tapi jatuh cinta sama Tong Samcong.
  15. After the Storm (2016). Detektif ecek-ecek plus pecandu judi mencoba berekonsiliasi dengan ibunya serta mantan istri dan anaknya.
  16. Murmur of the Hearts (2016). Sepasang kakak adik dibawa ke mainland Taiwan dari pulau kecil di seberang oleh ibunya, lantas terpisah tercerai berai pasca beranjak dewasa dan ibu mereka meninggal.
  17. Flying Colors (2015). Perjuangan seorang gadis gyaru dengan prestasi akademis di bawah rata-rata untuk masuk Keio U.
  18. Merry Christmas, Mr. Lawrence (1983). Relasi antar 4 orang tentara, 2 tentara Jepang dan 2 tentara Inggris (PoW) selama PD II.
  19. Macross: Do You Remember Love (1984). Cinta segitiga dan bombastisisme budaya populer dikombinasikan dengan perang antar-galaksi dan panspermia.
  20. Evangelion 2.0: You Can (Not) Advance (2009). Garis besar utamanya masih mirip dengan cerita serialnya, tapi dengan sedikit detil yang berbeda dan penambahan karakter baru, Mari Makinami.
  21. Evangelion 3.0: You Can (Not) Redo (2012). Bagian Nagisa Kaworu, tapi detil semakin melenceng.
  22. The Girl Who Leapt Through Time (2006). Anime slice of life tentang gadis yang bisa pergi ke masa lalu.

Statistik:

  • Jepang: 8.5
  • Taiwan: 3
  • Singapore: 2
  • USA: 2
  • Korea: 2
  • Hong Kong: 2
  • RRC: 1
  • Polandia: 1
  • UK: 0.5

Setelah beberapa tahun kalah dari Korea, Hong Kong, Cina daratan, tahun ini Jepang kembali jadi nomor satu, mungkin dipengaruhi perjalananku Oktober kemarin ke Jepang, yang sukses memantik pelatuk Jejepanganku lagi. Film barat juga lebih banyak dari tahun kemarin. Ada entri baru dari Polandia! Yang setengah-setengah itu karena film no. 18 adalah film British-Japanese.

Seperti biasa, top 5:

  1. Our Times
  2. Ditto
  3. How I Unleashed World War II
  4. Macross: Do You Remember Love
  5. You are the Apple of My Eye

Sampai jumpa akhir tahun 2017!

Advertisements

6 Responses to “Film-film yang Kutonton pada Tahun 2016”


  1. 3 Shelling Ford 09/01/2017 at 1:11 AM

    Ditto (2000). Berbincang-bincang dengan perempuan yang dulu naksir bapak, lewat radio rusak.

    wah, nama saya! kayaknya bagus ini. cari bajakannya, ah

  2. 4 lambrtz 10/01/2017 at 4:54 AM

    Dan apakah ceritanya kamu sangat Mas Ditto? 😛

  3. 5 cK 15/01/2017 at 1:38 PM

    Aku gak hafal film apa aja yang ditonton tahun 2016 (karena kalau nonton di rumah rasanya banyak banget). Tapi kalau film-film bioskop aku udah tuangkan dalam blogpost tiap bulan.

  4. 6 lambrtz 24/01/2017 at 8:24 PM

    Woah ada cK. 😀 Ini mirip Jensen atau Moer nih nonton ratusan setahun. :-S Kalau aku mentok puluhan masih manageable haha.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




lambrtz looks like this

Me

You can write comments in any language that you want, but please bear in mind that I only understand 4 languages: English, Indonesian, Javanese and Malay.

Archives

Categories

January 2017
S M T W T F S
« Apr   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Click to view my Personality Profile page